Laporan Kelompok 2

Halo semuanya .....

Perkenalkan kami dari kelompok 2 mata kuliah Workshop Matematika Lanjutan kelas R8G Pendidikan Matematika Unindra. Ada siapa aja kah di kelompok ini ?
  1. Ichwan Maulana (201413500570)
  2. Kristina Tiorina Mahulae (201413500576)
  3. Nurul Ngaeni (201413500589)
  4. Asti Oktavia M (201413500593)
  5. Aisyah Agustiyatno (201413500599)
____________________________________________________

Minggu ke 1

Pertemuan pertama dimulai pada Selasa, 6 Maret 2018 di Lab Matematika Kampus A Ranco. Pada pertemuan ini kita membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan Workshop Matematika selama satu semester ke depan, yaitu proyek pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning.

Media
Videoscribe dan Modul

Materi :
SMP Kelas IX , terdiri dari 6 BAB yaitu :
  1. Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
  2. Persamaan Kuadrat
  3. Fungsi Kuadrat
  4. Transformasi
  5. Kesebangunan dan Kekongruenan
  6. Bangun Ruang Sisi Lengkung
Soal UN 2 tahun terakhir, terdiri dari :
  1. Operasi Bilangan Bulat
  2. Operasi Bilangan Pecahan
  3. Perbandingan
  4. Operasi Bilangan Berpangkat
  5. Bilangan Bentuk Akar
  6. Pola Barisan Bilangan
  7. Barisan dan Deret
  8. Aritmatika Sosial
  9. Bentuk Aljabar
  10. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
  11. Himpunan
  12. Relasi atau Fungsi
  13. Persamaan Garis Lurus
  14. SPLDV
  15. Garis dan Sudut
  16. Segiempat dan Segitiga
  17. Teorema Phytagoras
  18. Lingkaran
  19. Bangun Ruang Sisi Datar
  20. Kesebangunan dan Kekongruenan
  21. Bangun Ruang Sisi Lengkung
  22. Data dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis atau Lingkaran
  23. Ukuran Pemusatan Data
  24. Peluang
Keterangan :
  • Tiap bab terdiri dari materi, contoh soal, serta soal dan pembahasannya yang disajikan dalam video pembelajaran menggunakan aplikasi videoscribe. Untuk modul diposting di web kelas beserta video pembelajaran.
  • Untuk soal UN video berisi soal 2 tahun terakhir terkait materi yang didapat, 1 kelompok membahas 7 soal, urutannya 7 soal lalu diakhir kunci jawaban nya.
  • Satu kelas dibuat 6 kelompok.
  • Tidak ada laporan dalam bentuk makalah , melainkan dalam bentuk artikel yang di post di web kelompok masing-masing.
  • Untuk web kelas wajib menggunakan wordpress, sedangkan web kelompok boleh wordpress maupun blogspot.
Deadline : Video Pertemuan Ke 7, Website Kelas Pertemuan ke 10 

Setelah membahas hal di atas maka kami langsung membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 orang. Jadi, terkumpulah kami yaitu ichwan, aisyah, nurul, Kristina dan asti di kelompok 2. Setelah selesai membuat kelompok, kami melakukan pengocokan pembagian materi.

daftar materi
kertas kocokan materi
Untuk pembagian materi, kita menggunakan sistem kocok. Setiap kelompok memilih satu kertas yang didalamnya terdapat materi yang akan dibahas oleh kelompok itu. Akhirnya, kelompok  2 mendapatkan materi bab 1 yaitu Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar , sedangkan untuk soal UN kami mendapatkan materi 9-12 yaitu Bentuk Aljabar, Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Himpunan, dan Relasi atau Fungsi.

____________________________________________________

Minggu ke 2

Selasa,13 Maret 2018

Setelah membentuk kelompok dan pembagian materi di minggu sebelumnya, maka dipertemuan minggu ini dijelaskan langkah-langkah pembuatan media pembelajaran oleh Bapak Yogi Wiratomo. Pada pengembangan kali ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Fokus pada pertemuan ini yaitu analisis. Kami diberikan penjelasan mengenai cara membuat TIU dan TIK, serta dibagikan angket analisis kebutuhan guru untuk disebar ke sekolah-sekolah. Masing-masing kelompok diminta untuk merumuskan TIU serta minggu depan harus membawa angket yang sudah di isi, 1 kelompok minimal 2 angket.


____________________________________________________

Sekian untuk postingan hari ini, untuk laporan minggu selanjutnya akan dibahas di postingan yang akan datang 😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gathering Bazma Scholars 2018

Artha

Aliran Filsafat Matematika